Ikan Arwana Langka Berkepala Dua !



Jalan-jalan ke Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ada seekor ikan yang sangat langka. TMII mendatangkan khusus ikan Arwana berkepala dua dari seorang peternak di Kalimantan. Kebaradaan ikan Arwana berkepala dua itu menjadi tontonan menarik.

Kondisi ikan Arwana berkepala dua sejak didapatkan pada empat bulan lalu begitu normal. Jika diberi makan, ikan ini tidak mau satu kepala sendiri menelannya, namun bergantian menelan makanan dari dua kepala secara bergantian. Jika tidak kebagian, maka kepala satunya akan berontak layaknya manusia yang tak diberlakukan secara adil.

Uniknya, kepala satu dengan yang lain memiliki sifat berbeda. Kondisi kepala yang satu agresif dan satunya lagi pendiam. Jika kepala satunya bergerak ke sana ke mari, kepala yang memiliki sifat pendiam hanya menurut ke mana kepala satunya bergerak. Begitu juga saat pengelola Akuarium Air Tawar TMII memberi makan, bagian ikan yang agresif mengejarnya sedangkan yang satunya hanya bergerak mengikuti.

Dengan panjang sekitar 10 sentimeter, sisik ikan yang hanya hidup di habitat Sungai Kalimantan ini memiliki warna merah kombinasi putih pada bagian badan. Di TMII, Arwana berkepala dua ini ditempatkan dalam satu akuarium berurukan 35 sentimeter. Keunikan pada ikan Arwana tersebut membuatnya ditempatkan pada ruangan khusus ikan langka.

0 komentar:

Posting Komentar